Berikut langkah langkah dalam melakukan penelitian

You are currently viewing Berikut langkah langkah dalam melakukan penelitian
  • Post category:Tutorial
  • Post last modified:2023-04-05
  • Reading time:6 mins read

Jurnaljateng.com – Berikut langkah langkah dalam melakukan penelitian – Penelitian merupakan salah satu metode ilmiah yang digunakan untuk menemukan jawaban atas suatu permasalahan atau pertanyaan yang masih belum diketahui dengan pasti.

Penelitian juga merupakan suatu usaha sistematis yang dilakukan dengan menggunakan metode yang terorganisir dan terstruktur dengan tujuan untuk menghasilkan pengetahuan baru.

Penelitian ini dapat dilakukan di berbagai bidang ilmu seperti sains, teknologi, kesehatan, sosial, ekonomi, dan lain-lain.

Melakukan penelitian tidaklah mudah, dibutuhkan persiapan dan tahapan-tahapan yang harus dilakukan dengan benar agar hasil penelitian yang diperoleh dapat diandalkan dan bermanfaat. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah dalam melakukan penelitian yang benar.

Pengertian Penelitian

Sebelum membahas langkah-langkah dalam melakukan penelitian, penting untuk memahami pengertian penelitian terlebih dahulu.

Menurut Sugiyono (2017), penelitian adalah suatu proses yang sistematis, terencana, dan terstruktur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data yang berkaitan dengan fenomena yang diteliti.

Penelitian dilakukan untuk memperoleh informasi, pemahaman, dan pengetahuan baru tentang suatu fenomena.

Tujuan dari penelitian adalah untuk memperoleh pengetahuan baru atau memperbaiki pengetahuan yang telah ada. Dalam melakukan penelitian, terdapat beberapa tujuan yang dapat dicapai, antara lain:

  • Menemukan jawaban atas suatu permasalahan yang belum diketahui dengan pasti.
  • Memperbaiki atau mengembangkan teori atau konsep yang ada.
  • Menjelaskan atau memahami suatu fenomena yang belum diketahui dengan pasti.
  • Memberikan rekomendasi atau saran untuk pemecahan masalah yang terkait dengan fenomena yang diteliti.

Jenis-Jenis Penelitian

Berdasarkan tujuan dan sifat penelitiannya, penelitian dibagi menjadi beberapa jenis. Menurut Sukardi (2014), jenis-jenis penelitian antara lain sebagai berikut:

Penelitian eksploratif. Jenis penelitian ini dilakukan untuk menggali informasi dan pemahaman awal tentang suatu fenomena atau masalah yang belum diketahui dengan pasti.

Baca Juga
Cara Download Video YouTube di Snaptube dengan Mudah dan Cepat

Penelitian eksploratif bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang fenomena atau masalah yang diteliti.

Penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan fenomena atau masalah yang telah diketahui secara detail dan sistematis.

Penelitian deskriptif bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena atau masalah dengan menggunakan data kuantitatif atau kualitatif.

Penelitian kausal komparatif. Penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan sebab-akibat antara dua atau lebih variabel. Penelitian ini juga dikenal dengan sebutan penelitian quasi eksperimen atau penelitian eksperimen semu.

Penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen dilakukan untuk menguji hipotesis atau mengetahui pengaruh satu atau lebih variabel bebas terhadap variabel tergantung.

Penelitian eksperimen dilakukan dengan cara memanipulasi variabel bebas dan mengukur pengaruhnya terhadap variabel tergantung.

Penelitian evaluasi. Penelitian evaluasi dilakukan untuk mengevaluasi suatu program atau kebijakan yang telah dilakukan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana program atau kebijakan tersebut efektif dan efisien.

Langkah-Langkah dalam Melakukan Penelitian

Setelah memahami pengertian dan jenis-jenis penelitian, langkah selanjutnya adalah melakukan penelitian. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan penelitian:

Identifikasi Masalah

Langkah pertama dalam melakukan penelitian adalah mengidentifikasi masalah yang akan diteliti. Identifikasi masalah dilakukan dengan memilih topik atau subjek penelitian yang sesuai dengan minat dan kemampuan peneliti.

Setelah memilih topik, peneliti harus menentukan rumusan masalah yang jelas dan terdefinisi dengan baik. Rumusan masalah harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang ingin dijawab oleh peneliti.

Pengumpulan Data

Setelah menentukan rumusan masalah, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik seperti observasi, wawancara, kuesioner, studi dokumentasi, dan lain-lain.

Peneliti harus memilih teknik pengumpulan data yang sesuai dengan tujuan penelitian dan sifat fenomena yang diteliti.

Baca Juga
Tips Move On dengan mantan pacar

Pengolahan Data

Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah mengolah data. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis yang sesuai dengan jenis data yang dikumpulkan.

Untuk data kuantitatif, teknik analisis yang umum digunakan adalah analisis statistik seperti uji t, uji ANOVA, regresi, dan lain-lain. Sedangkan untuk data kualitatif, teknik analisis yang umum digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis tematik.

Interpretasi Data

Setelah data diolah, langkah selanjutnya adalah melakukan interpretasi data. Interpretasi data dilakukan dengan mengaitkan hasil analisis data dengan tujuan penelitian dan hipotesis yang telah diajukan.

Interpretasi data bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian dan menguji hipotesis yang diajukan oleh peneliti.

Pembuatan Laporan Penelitian

Langkah terakhir dalam melakukan penelitian adalah pembuatan laporan penelitian. Laporan penelitian harus disusun dengan jelas dan sistematis sesuai dengan format yang telah ditentukan.

Laporan penelitian harus memuat semua informasi yang relevan dan dibutuhkan untuk memahami penelitian yang telah dilakukan.

Laporan penelitian harus disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dan disertai dengan tabel, grafik, dan gambar yang mendukung temuan penelitian.

Kesimpulan

Melakukan penelitian merupakan suatu proses yang memerlukan ketekunan dan kehati-hatian dalam melakukan setiap langkah-langkahnya.

Dalam melakukan penelitian, peneliti harus memahami jenis-jenis penelitian yang ada, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, interpretasi data, dan pembuatan laporan penelitian.

Setiap langkah-langkah dalam penelitian harus dilakukan dengan seksama dan terdefinisi dengan baik agar hasil penelitian yang didapatkan dapat diandalkan dan berguna untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang diajukan.

Dalam memilih jenis penelitian, peneliti harus mempertimbangkan tujuan penelitian, sifat fenomena atau masalah yang diteliti, dan ketersediaan sumber daya.

Setiap jenis penelitian memiliki kelebihan dan kelemahan yang harus dipertimbangkan sebelum memilih jenis penelitian yang tepat.

Baca Juga
Menu design templates yang wajib kalian pelajari

Dalam mengidentifikasi masalah, peneliti harus memilih topik yang sesuai dengan minat dan kemampuan peneliti. Rumusan masalah harus jelas dan terdefinisi dengan baik agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang ingin dijawab oleh peneliti.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik yang sesuai dengan tujuan penelitian dan sifat fenomena yang diteliti.

Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis yang sesuai dengan jenis data yang dikumpulkan. Interpretasi data dilakukan dengan mengaitkan hasil analisis data dengan tujuan penelitian dan hipotesis yang telah diajukan.

Pembuatan laporan penelitian harus disusun dengan jelas dan sistematis sesuai dengan format yang telah ditentukan. Laporan penelitian harus memuat semua informasi yang relevan dan dibutuhkan untuk memahami penelitian yang telah dilakukan.

Dalam melakukan penelitian, peneliti harus memperhatikan etika penelitian seperti menjaga kerahasiaan data, tidak melakukan plagiarisme, dan meminta izin kepada pihak yang bersangkutan jika melakukan penelitian pada manusia atau hewan.

Etika penelitian harus dijaga untuk menjaga integritas dan kepercayaan terhadap hasil penelitian yang dihasilkan.

Dalam kesimpulannya, melakukan penelitian memerlukan proses yang hati-hati dan memerlukan ketekunan serta keterampilan yang memadai.

Setiap langkah-langkah dalam penelitian harus dilakukan dengan seksama dan terdefinisi dengan baik agar hasil penelitian yang didapatkan dapat diandalkan dan berguna untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang diajukan.

Referensi:

  • Bungin, B. (2017). Metodologi penelitian sosial. Prenada Media Group.
  • Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
  • Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
  • Suharsimi, A. (2017). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.