Mengenal Lebih Dekat Coach Andri You, Praktisi Coaching di Dunia Pendidikan

| Wawancara | 02 Oktober 2018 | 520
Foto: Coach Andai You

Jurnaljateng.com, Kabupaten Banyumas - Pria satu ini perlu dikenal khalayak. Pasalnya pria kelahiran dusun Ciku 1 desa Plompong kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes ini, telah lama menggeluti dunia Student Choacing. Pria dengan nama asli Andri Yulianto atau akrab disapa coach Andri You, karirnya sebagai seorang praktisi Coaching di dunia Pendidikan juga seorang penulis buku “Student Coaching” (cara mudah dan efektif untuk melejitkan potensi guru dan siswa dari belenggu sekolah).

Perhatian khusus Coach Andri You pada Coaching di dunia Pendidikan, mengantarkan Coach Andri You merintis lembaga Banyumas Choacing Center pada tahun 2018, dengan slogannya “urip niku urup” menjadi filosofi tersendiri bagi gerak langkahnya lembaga ini. Visi Banyumas Choacing Centre adalah “menjadi lembaga penelitian dan pengambangan coaching di Jawa Tengah berbasis kultural dan berdampak global”, dengan tiga misi utama yaitu, pertama mengadakan penelitian yang berkaitan dengan coaching di bidang sosial, pendidikan dan pelayanan publik. 

Dua variabel utama yakni Student Coaching dan Social Planning ini menjadi fokus utama dalam menggali bakat serta potensi coache (sebutan untuk peserta yang sedang di coaching), menawarkan nilai lebih karena dalam pelaksanaanya peserta akan digali dengan menggunakan pendekatan personal sehingga pusat perhatian coach terfokus pada kebutuhan  peserta coaching. Metode seperti ini menjadi keyakinan tersendiri bagi Coach Andri You untuk membantu peserta yang sedang di coaching dapat mengembangkan bakat serta menggali potensi diri mereka, karena metode yang diterapkan coach Andri You adalah komunikasi interaktif.

Perjalanannya yang cukup panjang di tanah rantau dari tahun 1997 sampai dengan 2017 menjadi bekal bagi coach Andri You menjadi praktisi coaching di dunia pendidikan, coach Andri You sendiri pernah mengenyam pendidikan formal tingkat dasar di kampung halamanya desa Ciku, dilanjut studi tingkat menengah di MTs Muhammadiyah Plompong dan melanjutkan pendidikan tingkat atas di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Jakarta.

Coach Andri You sendiri tidak merasa puas hanya dengan selesai belajar di tingkat menengah atas, ia melanjutkan di dua perguruan tinggi sekaligus. Karena motivasinya yang tinggi di bidang pendidikan Coach Andri You memilih UHAMKA dan Intitute Agama Islam Al-Aqidah sebagai tempat dimana coach Andri You merampungkan pendidikan strata satunya,
Tidak hanya sebagai mahasiswa yang aktif dalam studinya, setelah selesai dalam studi strata satu Coach Adri You juga pernah menduduki posisi strategis sebagai kepala sekolah, tenaga pengajar di Sekolah Alam daerah Kota Tanggerang selama kurang lebih 2 tahun, Coach Andri You juga pernah berkecimpung di dunia pesantren sebagai direktur pendidikan serta awal mengajar bergabung di Bimbingan Belajar di daerah khusus Jakarta. 

Perjalanannya sebagai coach dimulai dari keikutsertaanya pada kegiatan yang di selenggarakan oleh Loop Intitute of Coaching mewakili Kafila International Islamic School pada tahun 2014, ditahun yang sama coach Andri You juga mengikuti program dari Certified Professional Coach dan mendapat sertifikasi untuk menjadi coach. Pada tahun 2015 coach Andri mendapat sertifikasi dari lembaga tersebut Corporate Coach yang fokus coaching di perusahaan. Ditahun 2016 coach Andri You mengenal pendekatan Talent Mapping, yaitu untuk bagaimana memetakan bakat dan minat serta potensi dominan seseorang dapat dipahami dan membantu proses pencapaian goal tertentu dengan proses Talent Mapping ini, pertemuannya dengan Abah Rama menjadi cikal bakal coach Andri You membuat strategi untuk membantu seseorang memetakan social planning. Kemampuanya sebagai seorang relator (narahubung), coach Andri You bertekad untuk menjadikan keahliannya dalam rangka mengembangkan individu dan organisasi, Human Development.

Adapun fokus pada proses coaching yang diberikan, serius untuk memberikan beberapa hal yakni, Pertama, bagi peserta coaching berprofesi sebagai tenaga pendidik. Coach Andri You berusaha untuk mencoba membuka pemikiran (open mind), agar tenaga pendidik memiliki paradigma dalam pendidikan lebih luas, sehingga pendidik mampu menjadi alat untuk tranformasi knowledge bagi peserta didiknya dengan tidak mengeneralisasi setiap potensi peserta didik. Bagi coach Andri You sendiri peserta didik memiliki potensi yang unik, tinggal bagaimana pendidik mampu untuk memberikan pendampingan secara serius terhadap peserta didiknya. Kedua, bagi Sosial dan Pelayanan Publik, coach Andri You memberikan pendampingan untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan dan capaian kualitas yang terukur membantu untuk mencapai target yang jelas berbasis service excellent. Karena proses coaching bagi coach Andri sendiri, fokus bukan pada problem yang sedang dihadapi oleh orang yang sedang mengikuti coaching, serta bagaimana individu-individu tersebut dapat menjadi bagian dari solusi atas permasalahnya. Hal ini menjadi komitmen coach Andri You dalam mengaplikasikan coaching dalam dunia pendidikan, dengan tetap memberikan pendampingan yang berkelanjutan.

Coach Andri You selaku Edu-coach, Social Planers dan Manager CSR Sappihire Grup bersama M. Fatkhur Rozaq (Pemerhati Anak konsultan keluarga), Moh. Qosim Ausath (Direktur Human Capital Sapphire Grup dan Konsultan Pendidikan) dan Dian Lestari (Motivator Anak), berkomitmen dengan menjadikan lembaga Banyumas Coaching Centre  sebagai pusat penelitian dan pengembangan coaching di bidang pendidikan, sosial dan pelayanan publik. Hal ini sesuai dengan gerak awal yang menjadikan hadis nabi “sebaik-baiknya manusia, adalah ia yang bermanfaat bagi manusia yang lain” sebagai pemicu bagi Anri You untuk berkontribusi bagi masyarakat sekitar dengan pendampingan khusus yang humanis.

Berikut program serta kegiatan Student Coaching di tahun 2018 yang pernah dilaksanakan yakni, bersama Pendamping dan Fasilitator Anak di kabupaten Brebes, tenaga pendidik/guru di kecamatan Sirampog, mendampingi 25 Mahasiswa yang berasal Universitas di kabupaten Brebes dan kabupaten Banyumas serta akan menjalin relasi dalam Student Coaching untuk Mahasiswa dengan lembaga perguraun tinggi negeri dan swasta di Kota Satria Banyumas.

Masukkan kata kunci...

Social Links