Warga Desa Cilibur Gelar Pelatihan Ternak Lele dan Ikan Hias.

| Potensi Daerah | 07 Oktober 2018 | 310
Foto: Warga Desa Cilibur, kecamatan Paguyangan Gelar pelatihan Ternak Lele dan Ikan Hias di Padepokan Pagar Nusa

Jurnaljateng.com, Kabupaten Brebes - "Griya 86" Sabtu 26/10/2018 bertempat di Padepokan Pagar Nusa desa Cilibur kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes menggelar pelatihan Budidaya ternak ikan lele yang di ikuti puluhan warga masyarakat  dari desa Cilibur dan sekitarnya.

 Mutohirin selaku koordinator pelatihan budidaya ikan lele ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui beternak lele juga meningkatkan penghasilan masyarakat agar tidak melulu terfokus pada satu pekerjaan demi mendapatkan rupiah, karna beternak lele yang kita lakukan bisa dijadikan pekerjaan sampingan, ungkap koordinator pelatihan.

Pelatihan ini dihadiri oleh Cahyono seorang guru perikanan di sebuah sekolah swasta di kabupaten Brebes terbukti beberapa peserta yang pernah mengikuti jejak  beliau melalui beternak lele dan ikan hias yang tadinya sama sekali tidak punya penghasilan dan tidak punya pekerjaan tetap sekarang berkat pelatihan tersebut beberapa peserta sudah mulai beternak lele dan ikan hias.
Maksud pelatihan  adalah untuk melatih peserta secara bertahap;
1. agar memiliki kompetensi kewirausahaan dan bisnis
2. melatih menjadi wirausahawan dan bisnis,
3.  melatih wirausahawan agar mampu bertindak mendirikan usaha yang layak dengan memanfaatkan peluang yang ada pada saat tertentu dan di daerah tertentu
4. serta mengembangkan SDM yang mampu menciptakan kesempatan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain;
 5. Memberi  motivasi peserta agar dapat meningkatkan prestasinya dalam melakukan studi, mempersiapkan proposal rencana usahanya dan berpresentasi dihadapan pihak berkepentingan.

 sebagai tujuan khususnya adalah :
1. Melatih peserta secara bertahap agar memiliki kompetensi kewirausahaan dan bisnis.
2. Melatih wirausahawan agar mampu bertindak mendirikan usaha yang layak dengan memanfaatkan peluang yang ada pada saat tertentu dan di daerah tertentu, mengingat kondisi air di daerah Cilibur ini sangat cocok untuk budidaya ikan lele
3. Mengembangkan SDM yang mampu menciptakan kesempatan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain sesuai tuntutan.
Rencananya lembaga pelatihan ini setelah ber SK akan berlanjut ke pelatihan ikan bawal dan gurame.

Masukkan kata kunci...

Social Links