Puluhan buruh pekerja proyek jalan, tak kunjung mendapatkan haknya

| Kawal Jateng | 04 Januari 2019 | 154
Foto: Buruh menggerebek balai desa Benda

Jurnaljateng.com, Kabupaten Brebes - Sirampog, 03/01/19. Puluhan masyarakat grebeg balai Desa Benda, dikarenakan tidak adanya kejelasan upah pekerja atas proyek jalan di dusun kratagan Rt 01,02 Rw 05 Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes.
TPK sendiri tidak tahu menahu persoalan anggaran terkait anggaran proyek tersebut atas keluar masuknya kas, hal ini disampaikan oleh perwakilan dari TPK.
"Mengingat untuk proyek jalan sebenarnya adalah tanggung jawab dari TPK, tapi kami tidak tahu menahu karena soal dana sudah dicairkan dan sudah diterima dan dibawa ke Semarang oleh Bapak Kades", Ujar Sukandar. 
Dari informasi yang dihimpun, bahwa hal ini sudah sering komunikasikan oleh warga ke balai desa. Namun, penjelasan yang diterima terkait kesibukan kades yang melakukan kunjungan keluar kota seperti Wonosobo dan Solo. 
"Hal ini yang melandasi keberanian masyarakat sekitar, khususnya para pekerja untuk menuntut hak yang tak kunjung dibayarkan. Padahal proyek tersebut tahun anggaran 2018, sedangkan sekarang sudah menginjak tahun 2019", tutur Jinan (warga kratagan).
Aksi tersebut juga upaya untuk memenuhi atas peraturan yang tertera didalam UU Pengupahan Ketenagakerjaan pasal 1 ayat 30 serta UU no 13 Tahun 2003.

Pewarta: BMR

Masukkan kata kunci...

Social Links