Kembangkan Citra Organisasi Melalui Pentas Budaya

| Komunitas | 28 Oktober 2019 | 109
Foto: Istighosah dan pentas budaya ipnu dan ippnu kecamatan Brebes

Jurnaljateng.com, Kabupaten Brebes - Brebes (26/10) bertempatan di Aula Balai desa Pemaron, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Brebes mengadakan Istighotsah dan Pentas Budaya sebagai partisipasi dalam memeriahkan Hari Santri Nasional tahun 2019. Acara ini bertujuan sebagai rasa hormat terhadap peristiwa Resolusi Jihad. 

Ketua panitia, Trisia Amelia Ningsih dalam sambutannya menjelaskan "Selain itu acara ini juga dijadikan sebagai sarana pengingat bagi pelajar Nahdlatul Ulama terhadap budaya Bangsa, karena, budaya adalah jati diri bangsa jikalau budaya tersebut hilang maka hilanglah jati diri itu pula".
Kekayaan bangsa di Nusantara juga harus dirawat oleh santri terutama berkaitan dengan pesantren islam secara umum. 

Acara ini memberikan ruang kepada kader IPNU dan IPPNU se-Kecamatan Brebes untuk mempersembahkan kreativitasnya. pada kesempatan kali ini, turut ditampilkan beragam macam seni, ada Rebana, Accoustik, Tari Zapin, Calung, Pagar Nusa dan Seni Peran.
Hal ini merupakan gagasan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Brebes untuk memajukan hal pemahaman tentang seni budaya. Seperti yang dikatakan Bapak Fatah Yasin (Pengurus Ranting NU Desa Pemaron) sebagai generasi Nahdlatul Ulama, IPNU & IPPNU juga harus paham tentang budaya, karna untuk memahami Islam di Indonesia, juga tidak terlepas dari nilai-nilai seni budaya.

 Ditambahkan oleh Nuryanto, Ketua PAC. GP Ansor Kecamatan Brebes dalam sambutannya mengatakan, kegiatan seperti ini memang harus sering dilakukan, selain untuk memajukan seni dan budaya, disisi lain juga untuk memberi terobosan menarik dalam berorganisasi khususnya untuk IPNU dan IPPNU di Kecamatan Brebes.

PAC IPNU dan IPPNU Brebes ingin menumbuhkan citra positif melalui Pentas Budaya yang sudah dua kali digelar. Gelaran pertama dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Lahir IPNU dan IPPNU Bulan April yang lalu.

Pada pentas budaya kali ini, Seni Teater Nusa yang diinisiasi oleh pengurus Anak Cabang IPNU dan IPPNU Brebes mengangkat cerita tentang perjuangan santri pada saat zaman penjajahan Jepang. 

Cerita yang diangkat diharapkan mampu membangkitkan memori kader-kader IPNU dan IPPNU Brebes tentang perjuangan Resolusi Jihad yang dipimpin oleh K.H Hasyim Asy'ari beserta para santrinya.

Wakil Ketua Cabang IPNU Brebes Bidang Minat dan Bakat Faiq Noor Fadlillah yang hadir pada acara tersebut menjelaskan "IPNU dan IPPNU di Kecamatan Brebes harus mampu menjawab tantangan pelajar saat ini. Notabene Kecamatan Brebes merupakan Ibu Kota Kabupaten, tantangan semakin banyak. Pengurus harus mampu menjawab dengan gebrakan yang kuat. Membangun citra organisasi melalui pentas budaya merupakan jawaban yang tepat bagi keadaan PAC Brebes saat ini

Masukkan kata kunci...

Social Links