Kesbangpol Tanbu Sampaikan Pentingnya Wawasan Kebangsaan Kepada Para Pelajar

Alief Nugraha | Nasional | 17 Juli 2019 | 91
Foto: Narasumber Dari Kodim 1022 Tanah Bumbu, Lettu Fransis Sinaga Dalam Pelaksanaan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar, Rabu (16/07/2019) Pagi.

Jurnaljateng.com, - Mengantisipasi kerawanan dibidang ideologi dan wawasan kebangsaan akibat pengaruh perkembangan globalisasi, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) bekerjasama dengan SMK Negeri 2 Simpang Empat laksanakan Pembinaan Wawasan Kebangsaan bagi pelajar, Rabu (16/07/2019) pagi.

Kegiatan ini diikuti 297 siswa baru SMKN 2 Simpang Empat, perwakilan dari Kantor Kesbangpol, Kodim 1022 Tanbu, Polres Tanbu serta guru SMKN 2 Simpang Empat.

Kepala Sekolah SMKN 2 Simpang Empat, Ribut Giono mengatakan kegiatan Ikrar Kebangsaan dan Pentas Budaya serta Pembinaan Wawasan Kebangsaan itu dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah. Hal itu juga bertujuan agar siswa baru selain mengenal lingkungan sekolah, juga memahami tentang wawasan kebangsaan, terutama membentuk akhlak mulia para siswa SMKN 2 Simpang Empat.

Adapun Pembinaan Wawasan Kebangsaan kali ini mengambil tema ”Ayo pemuda pemudi Indonesia kenali, sayangi, lestarikam adat istiadat budayamu menuju generasi yang kokoh berwawasan kebangsaan serta berakhlak mulia agar ibu pertiwi tersenyum melihat dirimu”.

Bupati Tanah Bumbu melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik HM Thaha menyampaikan generasi muda merupakan generasi penerus yang ekstensinya sangat menentukan langkah kehidupan masyarakat, bangsa dan negara kedepan. Untuk itu generasi muda diharapkan mampu memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitasnya masing masing.

Dikatakan HM Thaha, banyak faktor yang mempengaruhi mental generasi muda, seperti faktor pergaulan dan sosial media.

“Sebagai generasi muda harus bisa mewujudkan cita cita dan tujuan nasional dengan memiliki modal sebagai agen perubahan dan agen pengawas sosial dalam masyarakat,” ungkapnya.

Sedangkan narasumber dari Kodim 1022 Tanah Bumbu, Lettu Fransis Sinaga mengapresiasi digelarnya acara ini. Pembinaan Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda dapat menambah cinta tanah air dan bangsa, dengan harapan yang hadir nantinya bisa menjadi penyambung lidah kepada rekan-rekan lainnya, minimal di lingkungan sekolah.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif, agar adik-adik paham dan mengerti apa itu wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Selanjutnya ia mengatakan sifat, karakter dan mempunyai jati diri yang kuat harus ditanamkan ke generasi muda supaya tidak mudah di adu domba demi tegaknya NKRI.

“Seperti contoh, sebagai siswa laksanakan tugas belajar dengan baik, saya doakan kalian menjadi siswa yang berhasil dan jadilah siswa yang kompetitif,” ujarnya.

Sementara itu dari Polres Tanah Bumbu, Sidiq Martujet menyampaikan agar adik-adik dapat memahami dan mengamalkan serta dapat menjadi motivator bagi teman-temannya tetang wawasan kebangsaan. Persatuan dan kesatuan serta rasa nasionalisme harus dipegang teguh, jangan sampai terjebak dengan pergaulan yang tidak benar apalagi sampai terjerumus dengan narkoba.

“Karena narkoba merupakan alat untuk melemahkan generasi muda kita, karena sangat berpengaruh pada generasi penerus bangsa, maka dari itu kita harus bersatu dan menjauhi barang haram tersebut,” pungkasnya.

Masukkan kata kunci...

Social Links