Pemilihan Anggota BPK akan Digelar Pekan Depan

Abdulloh Hilmi | Nasional | 20 September 2019 | 72
Foto: Anggota Komisi XI DPR, Eva Kusuma Sundari Di Jakarta, Kamis (19/9).

Jurnaljateng.com, - Pemilihan 5 calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024 akan dilaksanakan pada pekan depan oleh Komisi XI DPR. Pemilihan tersebut menindaklanjuti pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang merekomendasikan 15 nama calon pada Rabu (18/9) kemarin.

"DPR belum akan melakukan pemilihan nanti malam. DPR akan menggelar rapat internal Komisi XI pada Senin 23 September 2019. Agendanya memilih calon anggota BPK berdasarkan hasil rekomendasi DPD yang mengusulkan 15 calon anggota BPK," kata anggota Komisi XI DPR, Eva Kusuma Sundari di Jakarta, Kamis (19/9).

Selain itu, Komisi XI juga berencana melakukan fit and proper test gelombang II. Hal ini dikarenakan, 15 nama yang diusulkan oleh DPD ada sebagian yang belum mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI.

"Tujuannya agar pemilihan fair dan adil. Semua wajib menjaani fit and proper test, karena dari 32 orang yang pernah dipanggil Komisi XI DPR untuk menjalani fit and proper test, tidak semua hadir. Yang tidak hadir ini mungkin direkomendasikan DPD," ujar politis PDIP ini.

Sebelumnya, pada sidang paripurna luar biasa yang digelar Rabu (18/9/2019), DPD mengesahkan hasil rekomendasi 15 calon anggota BPK. Hasil rekomendasi tersebut segera diserahkan kepada DPR sebagai pertimbangan dari DPD untuk memilih lima calon anggota BPK.

Pada sidang tersebut, Ketua Komite IV Ajiep Padindang membacakan dan menyerahkan hasil rekomendasi kepada pimpinan DPD. 

“Kita luruskan dahulu kepada media bahwa DPD tidak menunda-nunda pemilihan calon anggota BPK. Kami baru menerima surat dari pimpinan DPR kepada pimpinan DPD yang kemudian diteruskan kepada Komite IV untuk ditindaklanjuti pada 11 September. Saat itu juga kami segera melakukan rapat pleno penentuan jadwal dan segera mengundang dan melakukan fit and proper test pada 16-17 September 2019," katanya.

Masukkan kata kunci...

Social Links